Rabu, Desember 03, 2008

Tips Bersepeda di Tanjakan

Ketika di tanjakan sebetulnya kita ga perlu untuk takut, karena itulah kekuatannya, berikut beberapa tips di tanjakan:
1. Sebelum bersepeda, kita harus punya pikiran kalo ga kuat di tanjakan ya di tuntun aja..simple khan, jadi ga ada beban mental, simple khan.2.Tanjakan pasti sebelumnya dimulai dengan sebuah turunan. Walau dalam beberapa kondisi, tidak seperti itu. Nah pada saat kita mulai pada turunan (ingat bila jalanan sepi dan merasa keadaan jalan bagus), jangan pernah mengayuh sepeda. Karena menurut saya tidak ada efek sama sekali kepada kecepatan sepeda apakah dia akan bertambah kencang atau tidak. Jadi biarkan alami saja, sepeda itu menuruti medan turunan tersebut. Namun sebelum itu usahakan agar 'gigi' sudah dalam keadaan pada gigi rendah. Nah ketika, posisi sepeda sudah berada pada daerah tanjakan, hal yang saya lakukan biasanya tidak langsung gowes, tapi saya menunggu ketika kecepatan yang didapat dari turunan itu sudah 'habis'. Nah ketika dirasa kecepatan sepeda mulai menurun, barulah mulai saya gowes. Karena bila kita gowes pada saat turunan dan kondisi sepeda masih dalam kondisi pada kecepatan tinggi, menurut saya itu membuang energi kita menjadi sia-sia belaka.3. Aturlah posisi telapak kaki pada pedal se enak mungkin, karena pas di tanjakan akan sangat berguna ketika posisi telapat dan pedal pas untuk menggenjot.4. Jangan panik ketika di tanjakan, usahakan tersenyum...5.5. Biasanya kalo saya pas di tanjakan sering bernyanyi, jadi seiring genjotan sambil nyanyi aja, ga krasa sampai di puncak.6. Jaga kestabilan pedaling dan perpindahan gigi, kalo ga kuat pindahin aja ke gigi ringan.
oke deh itu aja tipsnya. moga bermanfaat.

Sumber : Tentang Sepeda

salam,
Anton
b2w-alita

Tidak ada komentar: