Jumat, Januari 15, 2010

Polda Metro Dorong Pembangunan Jalur Sepeda

Bentuk Cycling Club
Polda Metro Dorong Pembangunan Jalur Sepeda

Laurencius Simanjuntak - detikNews
Minggu, 13/12/2009 11:09 WIB


Jakarta - Polda Metro Jaya mendorong pembangunan jalur sepeda yang akan dilakukan Pemprov DKI Jakarta. Polda menilai jalur sepeda bisa menjadi alternatif untuk mengurangi kemacetan.
"Kami mendukung dan mendorong pembangunan jalur sepeda. Ini dapat mendorong masyarakat untuk menggunakan pilihan transportasi yang sehat dan bebas polusi," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Condro Kirono.
Hal itu disampaikan Condro di sela-sela peresmian Bhayangkara Cycling Club di halaman Polda Metro Jaya, Jl Sudirman, Jakarta, Minggu (13/12/2009).Wakapolda Metro Jaya Brigjen Polisi Putut Eko Bayu Seno menjadi ketua Bhayangkara Cycling Club ini. Menurut Condro, Ditlantas Polda Metro Jaya akan memberikan saran teknis kepada Pemprov DKI agar pembangunan jalur sepeda memanfaatkan trotoar dan tidak memakai badan jalan."Trotoar-trotoar kita kan lebar. Selain untuk pejalan kaki, itu bisa dimanfaatkan untuk jalur sepeda," jelas Condro.Condro menambahkan, UU 22/1999 tentang lalu lintas menyebutkan bahwa pejalan kaki dan pengguna sepeda juga dilindungi haknya oleh UU. Oleh karena itu, pembangunan jalur sepeda sudah merupakan kebutuhan untuk melindungi hak mereka termasuk saat melintas jalan atau traffic light."Trotoar juga harus didesain ulang, sekarang kan tinggi-tinggi. Sebaiknya trotoar agak landai untuk mempermudah pengendara sepeda," pungkas Condro. (fay/iy)

Sumber: http://www.detiknews.com/read/2009/12/13/110940/1259154/10/polda-metro-dorong-pembangunan-jalur-sepeda

Tidak ada komentar: